Home » » Meniti Jalan Menuju Ma'Rifat

Meniti Jalan Menuju Ma'Rifat

Di Pagi Yang masih gelap dan sang surya belum tampak Di ukup timur ,Di pagi itu aku baru pulang dari Emper Gaul,tempat kerjaku dan tempat aku menumpang hidup dan mencari sepenggal rejeki untuk diriku dan keluargaku, mata ini serasa sulit untuk aku pejamkan dan aku terbawa oleh lamunan yang meratapi kehidupan keluargaku yang masih serba pas-pasan,di sudut ruang kontrakan yang sempit dan pengap tempat aku melindungi diri dari sengatan matahari dan tetesan air hujan . sesaat mataku mengarah ke sebuah tumpukan buku yang usang dan berantakan ,aku berusaha bangkit dan menghampiri tumpukan buku tersebut dan aku mualai tertarik lagi dengan salah satu buku yang ada dalam tumpukan tersebut,akupun mulai membaca lagi salah satu koleksi buku yang sengaja aku simpan dari dulu.ternyata buku yang begjudul DIALOG MA'RIFAT sangatlah baik dan sangat bagus untuk kita terutama saya sebagai  Solusi Dalam Meniti Jalan Ke Alam Ma'Rifat di antara teman-teman yang ingin membaca buku tersebut silakan beli cari di galeri /toto-toko buku  terdekat, buku yang berjudul Dialog Ma'Rifat dan tercantum tulisan Solusi Dalam Meniti Jalan Menuju Ma'Rifat dari buku tersebut bisa kita ambil berbagai macam pelajaran tentang baik buruknya  kehidupan. di sertakan dialog yang sangat jelas dan sangat komplit,,bagi yang tidak mau repot-repot ke toko buku kunjungi saja di sebuah situs tentang buku tersebut   Dialog Ma'rifat  Solusi Dalam Meniti Jalan ke Alam Ma'rifat.
Sesungguhnya aku memiliki buku tersebut sudah cukup lama hampir tiga tahun yang lalu dan buku tersebut aku beli di sebuah Bus Kota dengan harga yang sangat murah Rp.17.00, ( tujuh belas ribu rupiah ) tetapi isi dari buku tersebut sungguh luar biasa ,di postingan kali ini akan saya kutip sedikit dari isi buku  Dialog Ma'rifat : Solusi Dalam Meniti Jalan Menuju Ma'rifat  tentang kesucian hati 
  Penyebab Gelapnya Hati
Tanya  :Apa yang menjadi gelapnya hati...?
Jawab : Dalam Hal ini Abdullah bin Mas'ut ra,pernah berkata :Ada 4 hal yang termasuk penyebab hati menjadi gelap,yaitu 
  1. Perut Yang terlalu kenyang
  2. Berteman dengan orang-orang yang dzalim
  3. Sering melupakan dosa yang pernah di lakukan 
  4. Banyak berkhyal
Ini sesuai dengan sabda Rosululloh Saw : Sesuatu yang sangat aku khawatirkanatas dirimu itu ada 2 ,Yaitu :
  • Mengikuti hawa nafsu,dan banyak berkhayal
  • Mengikuti kehendak hawa nafsu berarti menjauhi kebenaran,sedangkan banyak lamunandapat mendorong seseoran untuk mencintai dunia" ( HR.ibnu Abd Dunya ).
Panjang angan-angan adalah mencintai sesuatu yang di perkirakan sulit untuk di raih. 
 Penerang Hati 
Tanya : Apa yang bisa menerangi hati 
Jawab : Ada 4 Hal yang dapat menerangi hati seseorang yaitu :
  1. Perut lapar ,kondisi perut yang lapar dapat mendorong seseorang untuk bangun malam,juga dapat menimbulkan rasa takut terhadap Allah.
  2. berteman dengan orang yang shalih
  3. Selalu teringat  dosa yang pernah dilakukan,dan bertekat untuk tidak mengulanginya lagi.
  4. tidak banyak berkhayal.
Uraian di atas saya kutip dari sebuah buku Dialog Ma'rifat :Solusi Dalam Meniti Jalan Menuju Ma'rifat hanya di bagian pertama isi dari buku tersebut  .

0 comments:

Post a Comment