Home » » Asal Kata pesugihan Gunung Kawi

Asal Kata pesugihan Gunung Kawi

Asal Kata pesugihan Gunung Kawi Kata ini sering muncul di kalangan masyarakat terutama di kalangan aetnis jawa karena memang sebenarnya kata Pesugihan berasal dari bahsa jawa, yang artinya dalah alat atau cara untuk menjadi kaya... biasanya orang jawa mendengar kata pesugihan langsung mengarah kepada Tuyul, Babi ngepet dan Jin, dan di harapkan dari bantuan Jin itulah sang pencari pesugihan akan mendapatkan kekayaan. Bagi pengggemar mistis atau misteri pasti pernah mendengar nama GUNUNG KAWI yang berada di kecamatan Wonosari Kabupaten Malang Jawa Timur.

Kawasan gunung kawi yang terletak di ketinggian 500 sampai 3000 meter dari permukaan laut ini di kenal sebagai pemburu berkah atau pesugihan. Hampir di setiap harinya kawasan gunung kawi ini ramai di datangi oleh peziarah baik dari dalam maupun dari luar kota Malang.

Berdasarkan referensi yang ada kawasan gunung kawi dulunya di sebut NGAJUM yang sekarang berubah nama manjadi WONOSARI yang di karenakan di tempat itu ada makam Eyang Raden Mas Kyai Zakaria alias mbah Djoego, dan Raden Mas imam soedjono alias mbah Soedjo. Dalam bahasa jawa WONO memiliki makna HUTAN dan SARI berarti INTI. Namun bagi warga setempat Wonosari di maksudkan sebagai pusat rezeki yang dapat meghasilkan uang secara cepat. Kecamatan Wonosari sendiri memiliki hampir seluas 67 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 43.000 jiwa.itulah Asal Kata pesugihan Gunung Kawi

0 comments:

Post a Comment